Selasa, 31 Oktober 2017

Halo! πŸ˜„

Sudah pernah mendengar nama KMP Legundi? Kapal Motor Penumpang Legundi ini melayani rute Tanjung Perak - Lembar, Lombok. Rute ini terbilang baru karena baru ada sekitar Desember 2016. Sebelumnya, KMP Legundi melayani rute Bakauheni, Lampung - Merak, Banten pada 2014-2016. Kapal tersebut merupakan hasil karya anak bangsa yang diluncurkan pada pertengahan agustus 2014. KMP legundi merupakan kapal terbesar pertama yang pernah dibuat dalam negeri. 

Selasa lalu, 24 Oktober 2017 saya melakukan perjalanan ke Lombok menaiki kapal tersebut. Jadwal kapal ke Lembar hanya dilakukan pada hari SELASA dan SABTU sesuai jadwal dari Asdp. untuk jam keberangkatan tidak tentu, tergantung dengan pasang surut air laut, saya sarankan membeli tiket sebelum hari H atau pada saat hari H. jam buka loket jam 09.00 di  kantor asdp Jalan Kalimas Baru No. 194 A, Perak Utara. Saya sudah siap di pelabuhan tanjung perak atau surabaya northquay pukul 12.00 kemudian kapal legundi berangkat pukul 14.15 WIB. 

Selama perjalanan, saya mendapat jatah 2x kali makan, yaitu jam 5 sore dan 6 pagi. namun, saat jam makan yang pertama yaitu pukul 5 sore, saya baru mengambilnya pukul 18.30 dan ternyata kehabisan makanan, pihak catering menjelaskan karena tidak ada jumlah pasti penumpang yang diserahkan asdp ke pihak catering. pihak catering mengatakan pada saya bahwa hanya sisa nasi putih saja, dan menawarkan jika makan malam didobel dengan makan pagi, karena saya tidak mau dan saya minta untuk dibuatan telor dadar (walaupun keluarnya telur ceplokπŸ˜‚πŸ˜‚) 
(menu yang diberikan pagi hari)

untuk kalian yang hobi makan (termasuk saya πŸ˜‚) jika tidak cocok dengan menu yang diberikan, boleh tidak membeli kupon makan, dan saya sarankan untuk membawa makanan sendiri.


berikut ini adalah daftar tarif kapal sesuai dengan golongannya:





(KMP Legundi)

ketika saya masuk ke area kapal legundi, melewati deck 1 yaitu tempat trailler/truk, deck 2 dan deck 3 tempat sedan dan roda 2. saya tidak sempat memotret setiap deck karena harus buru-buru naik ke deck penumpang, karena tempat penumpang tidak ada nomor tertentu, setiap penumpang bebas memilih tempat duduk, bisa ekskutif ataupun ekonomi, siapa cepat dia dapat. 

(sofa ruang ekskutif)

(view dari sofa ruang ekskutif)

 
(sofa ruang ekskutif) 

(kursi ruang ekonomi)



  •  (di KMP Legundi juga ada fasilitas matras yang hanya diperuntukkan untuk usia dibawah 5th dan diatas 50th)



(rak sepatu depan ruang ekskutif, karena didalam ruang ekskutif tidak boleh memakai alas kaki)

(rest area dekat mushola, deck 5)

 (tempat wudhu)

(mushola yang sangat bersih)

(kira-kira 1 jam sebelum sampai lembar, petugas kebersihan membersihkan ruangan)

(proses penurunan jangkar)




(tiba di pelabuhan Lembar, Lombok)


Waktu perjalanan Tanjung perak-Lembar membutuhkan waktu sekitar 19-22 jam, kemarin saya menempuh waktu 19 jam. sampai di pelabuhan Lembar pukul 09.00 WITA. Sesampainya di Pelabuhan Lembar, tidak ada transportasi online, atau cidomo (transportasi khas lombok dan gili, semacam delman) hanya ada angkutan umum atau ojek, akhirnya saya harus berjalan sekitar 2.3km d pertigaan arah sekotong, baru bisa memesan taksi. karena di pertigaan tersebut, tempat perjanjian angkutan umum dengan transportasi online yaitu area yang diperbolehkan mengambil penumpang.

banyak yang nanya ke saya, apa tidak membosankan naik kapal selama itu? apa nggak pusing atau mual? 
nah, memang bayangan saya sebelum naik kapal juga seperti itu, selama berjam-jam akan mual karena ombak laut, ternyata enggak lho πŸ˜„ tapi, memang saat sampai bali, saya agak pusing karena merasa goncangan kapal sangat terasa. soal membosankan atau tidak, tentu tidak karena,  saya benar-benar menikmati perjalanan tersebut. apalagi bisa foto-foto di deck kapal begini: 

(instagram-able banget kan?πŸ˜‚) 
menurut saya, KMP Legundi sangat bersih dan nyaman, yuk teman-teman dijaga bersama kebersihan dan kenyamanannya.

terima kasih sudah membaca, apabila ada informasi yang kurang jelas atau ingin ditanyakan bisa komen ya.. terima kasih.πŸ‘πŸ˜Š



24 komentar:

  1. Eh seru juga yaaa naik kapal, apalagi kalo rame-rame. Kalo sendirian mati gaya kali yak hihihi, 11-12 lah sama kalo naek kereta dari Sby ke Jakarta yang 10jam'an hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Klo sendiri aku ya emoh hahahaa. Mirip ke bandung mba. Klo naik pasundan sekitar 16 jam

      Hapus
  2. Mba saya baru baru ini mau naik kapal itu dari lembar ke surabaya jam berapa kapal itu nyandar di lembar mba dan berapa tarifnya

    BalasHapus
  3. Mbaa, barang bawaanyaa diamankan sendiri atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa.. barang penting dibawa terus aja misal dompet kamera dll/gantian jaga ama temen. kalo ransel baju tinggal aja disitu gpp

      Hapus
  4. Mbak itu gk ada sewa kamar ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo diaz. ngga ada nih. bisa tiduran di sofa biru VIP itu kalau mau lebih nyaman😊

      Hapus
  5. Apakah selama berlayar berguncang (krn ombak) spt ferry jawa-bali ? Ataukah tenang/mulus ?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang banget kok mas selama perjalanan, tapi pas deket bali agak sedikit berguncang jadi bikin pusing kalau kita berdiri.

      Hapus
  6. Jadi semakin ingin traveling jalur laut :D hehe...

    BalasHapus
  7. Jadi semakin ingin traveling jalur laut :D hehe...

    BalasHapus
  8. Ruangan VIP/eksekutif nya itu ada dimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah pernah naik blm mas? tempatnya jadi satu deck sama yg ekonomi kok. dipisahkan pintu gitu..

      Hapus
  9. Heh itu uda ber AC apa kipas sih el?
    Liat menu makannya, ku kyknya juga lebi memilih bawa makanan sendiri aja, apa sobat popmie, jelas gak zonk. wkwkwkwk

    Jd pen coba deh, bersih bgt keliatannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AC semua kok. aku ya pgn naik lagi. asik lo wkwkw yuk

      Hapus
  10. aku kemaren bulan juli naik kapal ini, total perjalanan 25 jam (include angkat-turun jangkar dll) angin nya luar biasa kencang wkwkwk, dapet kesempatan liat gunung agung erupsi ketika lewat perairan bali hahahaha lol, disarankan bawa powerbank yg kapasitas nya gede karena kalo mau ngecas di kafetaria bayar 5ribu untuk sekali ngecas. jajanan nya juga mahal, jadi banyak banyak bawa bekal aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok lama ya 25 jam? πŸ˜… yess. Ngecas bayar. Bawa bekal jajan udah sih, masi kurang makanan berat aja hehee

      Hapus
  11. Kira-kira ada tukang buat bantu angkatin barang nggak?

    BalasHapus
  12. Bantuin jawab ya.. ada kok porternya.bahkan banyak banget. Harganya juga ekonomis, saya biasa ngasih 20-50rb. Tergantung banyaknya barang aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes bener banget.. makasi udah bantu jawab :)

      Hapus
  13. Info dong mba..., boleh bawa hewan peliharaan ga semisal kucing gitu..??

    BalasHapus